Skip to main content

Belanjaan Buku di Jakarta Book Fair 2014

As always, gw selalu kalap kalau udah ketemu kata “buku” dan “diskon.” Nggak terkecuali waktu event Jakarta Book Fair 2014 tanggal 23 Mei s/d 1 Juni kemarin. Total jarahannya ada 46 komik (yang kesemuanya komik lokal), 4 novel, dan 4 buku referensi.

Oke, ini gawat. Super gawat karena ini baru awal bulan dan gw udah mesti berhemat kembali selama 20 hari mendatang XD

Jadi sebenarnya gw ke JBF dalam dua gelombang: pertama itu hari Sabtu tanggal 24, terus yang kedua Kamis tanggal 29. Ini setengah kerajinan, setengah nyesel karena pas gelombang pertama keburu puyeng sama deretan komik di Gudang Buku.

Jakarta Book Fair 2014 (1)

Tanggal 24 gw dateng berduaan aja sama Nopi, temen seperjuangan yang sangat rela tenggelam diantara tumpukan buku. Kalau gw niatnya cuma beli komik, lain lagi sama Nopi yang incerannya novel chicklit sama buku travel. Suasananya sepi dan lapang, jadi gw sama Nopi bisa keluyuran dan berkutat di satu booth dengan leluasa.

Kalau di tanggal 29 gw bawa dua orang yang sukses gw ‘racunin’ akibat status FB: cece gw sama Christy (kembaran gw dengan nama alias Koha). Gw kembali ngelanjutin misi berburu komik Indonesia, dan untungnya gw ngebawa orang yang tepat karena Koha ternyata dulu suka beli-beli komik Indonesia juga (jadi doi bantu ngedeteksi beberapa komik lokal yang ada di TKP). Beda sama kunjungan gelombang pertama, kali ini book fair-nya rame. Walau nggak sampai berdesakan gimana, ada kalanya sih di beberapa booth jalan sempat stuck karena orang-orang pada diem di tempat dengan mata nelusurin buku-buku di hadapan mereka.

Jakarta Book Fair 2014 (2)

Jarahan komik Indonesia (yang mestinya sih) satu-buku-tamat. Di antara yang kondisinya bekas, ada beberapa yang masih tersegel dan dijual dengan harga super miring, lho. Harganya mulai dari Rp 5.000,- s/d Rp 15.000,- (yang harganya agak mahal-mahal itu komik deretan pertama).

Jakarta Book Fair 2014 (3)

Komik Indonesia lagi, tapi yang berseri. Ada yang langsung satu set tamat, ada yang ngegantung, dan ada yang nomornya longkap-longkap. Harga masing-masing bukunya di bawah Rp 10.000,-

Jakarta Book Fair 2014 (4)

(masih) komik, tapi yang ini Komik Jepang semua. Kalau ini jarahannya cece gw yang pengen bernostalgia sama komik-komik jadul yang terbit di era 90-an.

Jakarta Book Fair 2014 (5)

Para ‘buku lain-lain’. Berhubung sebentar lagi How to Train Your Dragon 2 bakal tayang, gw sekalian mau lengkapin novelnya. Sedangkan tiga buku yang di deretan bawah ini… termasuk harta karun buku impor dengan harga super miring. Super Manga Matrix itu isinya penuh sama ilustrasi full color pencuci mata, yang dibandrol cuma Rp 40.000,- (kalau ngintip di Periplus bisa Rp 300.000,-). Kalau buku Heraldry sekitar 20 ribuan. Buku Mythology ini juga full color dan bukunya tebel, tapi dijual dengan harga Rp 146.000,- aja. Sedap banget!

Selama JBF ini ada tiga booth yang cukup menyita perhatian gw:

  • Gudang Buku: Oh how I love this booth! Dari 46 komik jarahan, bisa dibilang 35-nya berasal dari sini. Nggak cuma komik Indonesia aja, komik Jepang juga banyak banget di sini. Sebut aja komik Jepang jadul kayak Candy Candy sama Topeng Kaca. Sweet Rabu Rabu sama SOS jarahan cece gw juga asalnya dari sini.
  • Etnobook: Toko buku impor asal buku Mythology sama Heraldry. Selain itu sebenarnya ada dua buku lagi yang sempet menarik perhatian gw, yaitu buku tentang naval warfare sama buku tentang witchcraft. Dua-duanya pun, menurut gw, harganya cukup miring.
  • Sebuah booth Mizan yang letaknya di bagian belakang JBF. Nggak kayak booth Gramedia yang bisa dibilang pelit diskon (20% doang; cuma beda dikit sama diskon 15% sepanjang tahun di toko-toko buku online), di Mizan harganya cukup miring. Sebagai contoh: komik The Raid yang harga aslinya Rp 35.000,- di sini jadi cuma Rp 12.000,-

Oke, jadi apa bakal ada book fair lagi dalam waktu dekat? XD

3 thoughts to “Belanjaan Buku di Jakarta Book Fair 2014”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *