Skip to main content

REVIEW CubicFun: Welcome to France – Fashion Shop

Ketemu mainan baru, nih. Eh, sebenarnya bukan baru juga sih itungannya. Benda bernama CubicFun ini udah lama beredar di Gramedia, kok. Sayanya aja yang baru nyoba beli dan rakit, hehe. Pilihan pertama saya jatuh ke CubicFun dengan tingkat kesulitan tiga dari enam bintang dengan parts sejumlah 31 buah. Harganya cukup terjangkau, yaitu Rp 79.000,-

Yang ini sebut saja seri dunia, dengan subtema Welcome to France – Fashion Shop. Subtema Prancis sendiri terdiri atas empat bangunan: hotel, garden cottage, fashion shop, serta flower shop.

Kemasannya ringkas; nggak boros tempat kayak kotak LEGO. Kalau dibandingin, kurang-lebih ukurannya mirip-mirip buku tulis zaman sekolah dulu. Desain kemasan CubicFun juga kelihatan elegan. Antara tampilan dan harga jual, sebanding lah.

Menariknya, di balik kertas petunjuk perakitan ada secuplik penjelasan tentang gaya hidup di Paris pada abad 19 sampai 20. Dan dari foto di sebelah kiri, bisa dilihat kalau CubicFun melakukan riset dulu sebelum ngebuat lini produk ini. Mirip ya, antara foto bangunan asli di Prancis ini dengan 3D puzzle keluaran CubicFun?

Beralih ke 31 parts Fashion Shop, yang dibagi menjadi dua lembar (kiri-kanan). Kalau foto yang di bawah itu sisi dalamnya.

Bagian-bagian puzzle CubicFun terbuat dari busa (spesifiknya: EPS foam core), dengan ketebalan 1,5 milimeter. Lumayan tebal tapi bobotnya tetap ringan. Kualitas cetakannya juga bagus.

CubicFun diiklankan sebagai mainan model yang bisa dirakit tanpa bantuan gunting maupun lem. Perihal tanpa gunting, iklannya memang jujur. Tinggal tekan-tekan pakai jari, busanya bisa dicopot dengan mudah. Buat perintilan kecil seperti lubang slot buat menautkan parts satu dengan lainnya, tinggal pakai kuku atau dicolok aja pakai parts busa lain. Tapi kalau ngomong soal tanpa lem… saya kurang setuju, ya. Nanti saya jelasin kenapa.

Sebelum itu pamer hasil jadinya dulu, ah.

It’s just lovely!

Boleh lah jadi properti foto ala-ala Instagram. Cocok pula kalau disandingin sama figure bantet kayak Nendoroid dan Funko (sayangnya, saya belum punya dua-duanya).

Model bangunan ini, menurut keterangan di kemasan produk, berukuran 16,5 x 11,2 x 11,5 sentimeter. Tapi waktu saya ukur tingginya pakai penggaris, dapetnya bukan 11,5 lagi tapi malah nyaris 12 cm.

Tapi karena kesempurnaan hanyalah milik Sang Pencipta, tentu aja CubicFun punya beberapa kekurangan.

Iklan berembel-embel ‘tanpa lem’ kok ya kurang tepat.

Atap bertuliskan Feiman Qi di atas ujung-ujungnya mesti saya pakein lem UHU. Kalau nggak, ya mangap nan elek. Dan ngomong-ngomong soal atap, saya kok ya heran kenapa tulisannya mesti ‘Feiman Qi’? Setting di Prancis, tapi namanya beraroma Tiongkok? Produsen CubicFun memang dari Tiongkok sih, tapi ngapain masukin tulisan itu ke toko baju Eropa?

Begitu pula dengan, err, apa itu yang di kolase nomor dua? Semacam teralis jendela? Ya, sebut aja begitu. Nggak bener-bener nempel ke tembok. Tapi yang ini nggak saya lem karena takut beleberan kemana-mana.

Yang di kolase ketiga nggak begitu keliatan di foto, tapi intinya dua sambungan yang ada di sisi kiri-kanan bentukan segitiga itu susah buat bener-bener ngeklik sama parts atap yang ada di belakangnya. Ini pun saya juga bingung nempelinnya gimana. Akhirnya saya biarin aja begitu.

Nah, kalau perhatiin ulang foto parts yang masih nempel di papan, bisa diliat kalau tengah-tengahnya ada garis lipatan. Yap, dari awal papannya memang dalam keadaan terlipat. Dan lipatannya visible seperti foto di atas (lipatan yang membentang tepat di samping atap bertuliskan Musee Populaire. Walau untungnya sih, lipatan itu rada ngumpet di pojokan.

Overall, saya puas dengan CubicFun. Memang ada kekurangan di segi lem dan lipatan, tapi itu bukan hal yang major. Apakah kapan-kapan tertarik ngerakit CubicFun lagi? Jawabannya, ya. Saya tertarik banget sama model kapal dan landmark dunia. Parts-nya tentu lebih banyak dari seri yang ini, tapi justru makin asik. Ada yang terdiri dari 200-300 bagian dan harganya di atas 500 ribu. Kalau mau ngepoin aneka macem modelnya, bisa mampir ke website Cubicfun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *