Skip to main content

Service Center Resmi Lenovo yang (Sejauh Ini) Memuaskan

Meski judulnya cantik, cerita yang menghiasi perjalanan menuju service center nggak seindah itu…

Jadi alkisah, kerusakan ini bukan yang pertama kalinya dialami Lenovo K900. Sebelumnya dia sempet ngambek, tiba-tiba nggak mau ngebaca SEMUA SIM card yang dimasukin ke slot SIM Card-nya. Terus dibawalah si K900 ke service center Comtech (Trikomsel) di Kebon Sirih. Saya lupa penanganannya berapa lama, yang pasti molor dari estimasi yang dikasih sama service center-nya. Jadi impresi saya ke service center distributor itu not to good

Pada kasus berikutnya, si K900 secara tiba-tiba (lagi) layarnya mati total. Item. Blank. Cuma lampu touchscreen bawahnya aja yang nyala (gw nggak tau namanya apa, tapi tombolnya kayak foto di bawah ini (gambar boleh nyomot dari web Lenovo).


Walah, error apa lagi pula ini? Nggak bisa cabut baterai karena unibody, jadilah coba nunggu sampai baterainya abis sendiri (atas saran si Askar).

Tapi beberapa hari berlalu, seminggu lebih berlalu… Kok lampunya nggak mati-mati? Ini HP sebenarnya masih nyala nggak sih? Kalau gini, mau nunggu sampai sebulan juga nggak bakal selesai kasusnya…

Terus si Askar kasitau kalau akhir Mei kemarin Lenovo kebetulan baru buka service center resmi di Indonesia, tepatnya di daerah ruko Mangga Dua Square. Tapinya nih, karena service center satu ini cuma buka pas weekdays, jadi terpaksa cuti deh saya di hari Senin.

Dan perjalanan saya dalam mengantar si K900 ke rumah sakit ini… Sesuatu banget 😀

Bayangin: perjalanan Busway makan waktu TIGA JAM, di service center cuma SETENGAH JAM, terus baliknya (naik Busway lagi) pun abis waktu TIGA JAM juga. Jakarta, oh Jakarta, dirimu ini…

Dari Lebak Bulus ke Harmoni cuma nunggu sebentar; bahkan piscok—tepatnya sih pisang ketan item sama dua pisang keju susu—yang saya beli di depan halte baru sempet digigit dua-tiga kali. Di Harmoni saya mejeng agak lama (sekitar setengah jam?) karena lanjut makan pisang, terus ditambah ngantri nunggu Busway dateng. Di halte Senen ke Mangga Dua itu yang astaga lama binget! Kayaknya ada kali, sejam nungguin busway yang PHP tak kunjung datang. Heran, padahal Senen sama MangDu ‘kan destinasi populer para penghuni Jakarta, tapi armada busway-nya kok dikit pisan…

Lalu setelah perjalanan selama tiga jam (plus sedikit nyasar karena alamat Lenovonya ketinggalan di rumah), akhirnya sampailah saya di Lenovo Service Center!! Oh, puji Tuhan!

Service center resmi Lenovo yang letaknya di seberang Pintu Jayakarta Mangga Dua Square ini melayani servis produk Lenovo apa aja. Lantai 1 diperutukkan buat servis PC dan laptop. Sedangkan kalau smartphone (dan mungkin tablet) bisa diurus di lantai 2.

O iya, ini waktu operasional service center plus nomor kontaknya. Alamatnya sendiri ada di Pertokoan Mangga Dua Square Blok F25 (di sisi kiri mall, tepatnya seberang Pintu Jayakarta).

Masuk ke dalem, suasananya… sepi. Di lantai 1 cuma ada dua pegawai service center, begitu juga di lantai 2. Waktu naik ke lantai 2, ada pelanggan yang baru aja selesai urusan. Jadi tinggal saya sendiri deh yang servis HP. Mungkin masih sepi karena service center ini tergolong baru.

Karena sepi, saya langsung dilayanin mas-mas Lenovo-nya. Sambil ngasih si K900 beserta kotak-kotaknya, saya jelasin kalau layar HP-nya tiba-tiba blank item. Terus mas-masnya ke belakang buat ngasih si K900 ke teknisi terkait. Nunggu sekitar 10-15 menit sambil mainin berbagai HP yang dipajang di samping meja service center, mas-masnya balik dan bilang kalau LCD-nya rusak.

Si K900 ini suka nge-troll. Tanpa angin tanpa ujan; ya SIM card slot lah rusak, ya LCD lah rusak… Jadi agak ragu sama kualitas smartphone Lenovo. Walau terlepas dari keapesan ini, secara keseluruhan performa K900 bagus sih. Cuma ya, serem aja gitu kalau nanti dia ‘kambuh’ lagi.

Jadi karena yang rusak itu LCD-nya, si K900 pun terpaksa nginep dulu di rumah sakit. Mas-mas Lenovonya ngasih service record yang mesti dibawa waktu ngambil hapenya nanti, dan ngejanjiin waktu pengerjaannya 14 hari kerja. Agak lama sih, tapi untungnya servis ganti LCD gini nggak bayar.

Naasnya, perjalanan pulang saya pun nggak berakhir dengan lebih baik. Di halte Senen menuju Harmoni, lagi-lagi busnya jarang lewat. Yah, yang cuma numpang lewat sih banyak… Dan perjalanan Harmoni menuju Lebak Bulus… Alamak, udah busnya rame buanget, di Roxy sempet macet banget pula.

Kabar baik tiba di hari Jumat, sekitar jam sepuluhan. Ada SMS masuk, yang isinya menginfokan kalau K900 saya udah selesai diservis. Yay! Padahal saya nganter hapenya itu hari Senin, dijanjiin selesai 14 hari kerja, tapi udah selesai hari Jumat pada minggu itu juga.

Ini dia yang bagus. Dia kasih estimasi pahitnya dulu, tapi ternyata pengerjaannya jauh lebih cepat. Nggak kayak service center HTC yang kebanyakan PHP (pengalaman jelek kakak saya).

Saya pun ngambil HP-nya di hari Senin. Kali ini perjalanannya lebih lancar, soalnya saya pakai rute alternatif. Sekitar jam setengah satu, saya sampai di service center Lenovo. Kali ini suasananya sedikit lebih rame, soalnya selain saya ada beberapa pelanggan lain dan pegawai Lenovo yang naik-turun lantai 2.

Mas-mas Lenovo (dua orang yang sama kayak minggu lalu) ngasitau kalau selain ganti LCD, mereka gantiin mesinnya juga karena waktu itu kondisinya kurang baik. Nggak nanya detilnya apa sih, keburu hepi Lenovo berbaik hati servisin komponen yang nggak saya keluhkan. Dan sebagai bukti kalau ganti mesin, nomor IMEI yang tertera di kertas service record pun diubah.

Sekian pengalaman saya servis HP di Service Center Lenovo Mangga Dua Square. Pelayanannya sangat memuaskan. Semoga service center ini terus mempertahankan kualitas pelayanannya, biarpun pengunjungnya udah ramai nanti.

40 thoughts to “Service Center Resmi Lenovo yang (Sejauh Ini) Memuaskan”

  1. Nanya gan sis, saya pengguna lenovo k900 juga, dengan maslah yg sama juga yaitu mati total tiba tiba..
    Sebelumnya saya terima kasih, karena postingan saudara membuat saya bisa memutuskan untuk memperbaiki si k900 di service center mangga2square, krn sebelumnya banyak postingan negatif trhadap sc lenovo di brbagai tempat yg katanya partnership lenovo.
    Yang mau saya tanya, saat k900 di servis, apakah data2 didalamnya hilang? Karena semua data penting saya yg di k900 tidak ada backupnya..
    Mohon infonya, terima kasih

    1. Halo, Adit. Maaf lama, baru liat notif.

      Untuk kasus saya datanya hilang semua. Karena selain ganti LCD, orang Lenovonya juga gantiin mesin sekalian 😀 Sebaiknya semua data penting dibackup dulu untuk jaga-jaga.

      1. sis itu servicenya ganti lcd dll ga bayar karna msh garansi yah? kok saya telpon bilang lcd rusak sama layarnya dia bilang harganya 1.900.000? mohon pencerahanya :))

  2. mau nanya kak ,aku rencana mau beli lenovo k900 ini .menurut kakak kamera belakang sama depannya gimana? (aku termasuk doyan selfie 😀 ) . Kakak ngalamin kerusakanny itu setelah pemaikain brpa bulan?

    1. Halo, Ayu 😀

      Kualitas kameranya K900 bagus kok, baik belakang maupun depannya. Jadi kece punya buat selfie, hahaa 😀

      Rusaknya kalau nggak salah setelah 6-7 bulan pemakaian. Tapi umurnya pasti bervariasi dan tergantung nasib-nasiban sih^^

  3. Hi Kristy,

    Sebelumnya thank you banget sudah share pengalaman kamu tentang lenovo k900 yang ngebantu aku banget (dan tentunya pengguna lenovo k900 yang lain).
    Semalem hpku (Lenovo k900) mati total juga dan belum bisa idup sampe siang ini padahal baru beli bulan februari kemarin =(.

    Pertanyaannya, setelah kamu perbaikin hpmu, apakah kamu masih tetap pake hp itu?Kalau iya, apakah masih tetep sehat atau kadang kumat lagi?
    Sebenernya suka banget sama fitur dari lenovo k900 ini ya, tapi kalo penyakitnya matot gini yah jadi galau..
    Thank you..

    1. Halo, Claudia. Maaf responnya agak lama.

      K900-nya masih saya pakai sampai sekarang. Kondisinya sejauh ini masih sehat 😀 Paling sempat masalah baterai boros (kemungkinan karena terlalu banyak background process (yang berkat saran teman, sekarang bisa di-solve dengan Clean Master).

      Semoga membantu 🙂

  4. masalah dengan levono k900 kok hampir sama semua ya, klo kayak gini jadi ga asyik bgt pake k900. q juga pengguna lenovo k900, baru 5 bulan pemakaian matot, temen q yang juga pake k900 masalahnya juga sama

  5. Pengen beli hp lenovo k900 jadi takut pas udah di beli malah matot lagi :'(

    Padahal disainya keren baguz banget tp takut 🙁

  6. hallo sis salam kenal
    saya juga pke lenovo k900,,secara ga langsung hp ini memuaskan bgt dan build quality yah di atas rata2,,,tp sayang belum lama saya pake bagian connectornya bermasalah dan alhasil sampe sekarang belum saya perbaiki,,,hahahaha

  7. hp ku K900td tadi malem error juga nih, sama persis hanya lampu yg bawah yg nyala… beruntung sehari sebelumnyafoto2 udah gw pindahin ke PC :'(

  8. Kalo gua beda lagi masalahnya, jadi lenovonya ga mau nyala nyala ,walaupun di charge selama lamanya ga nyala nyala, apakah ini yang dibilang matot?

  9. makasih info jam buka dan kapan bukanya, soalnya ane tinggal di tangsel, jadi harus tau info tentang tempat servicenya 😀 ,trus itu di jadiin tempat service bulan apa ya?

  10. Lenovo k900 aq kecelup air di ember, mati total trus dbaikin di service hp 2 bln, skrg udh hdp lg.. Tp skrg baterenya ngedrop bgt. Ga bs lama2 dicabut dr chargernya. Gmn ya solusinua tmn2?kan batere k900 unibody,apa bs diganti?

  11. Pelayann servis lenovo mang terbaik n mang gakan pernah ramai yg servis cos jrg ada yg rusak.coba dh bandingin sama sc advan ramenya kyk antri zakat gilee bener..

  12. k900 saya baru pake 2 bulan udah mati total tiba2. diservis center lamanya 4 bulan. setelah bener, baru pake 3 bulan udah tiba2 mati total lagi… knp bisa gitu ya? pas mati padahal mesinnya dalam keadaan dingin.

  13. K900 gw Mati total.yang sebelumnya di cas gak mau ngecas dan susah untuk ngecas, sekarang bener2 MATOT…Gawat banget nih produk..maksudnya apa LENOVO jual produk semahal ini tapi kualitasnya seperti ini.dimana pengujian produk mereka dan siapa yang mengotorisasikan dan merelease produk ini, kalau ternyata merugikan konsumennya.percuma kita mengeluh dan menyalahkan mereka tapi tetap saja produk mereka laku keras dan tidak pernah bangkrut..apa kalian pernah tanya diri sendiri kenapa kalian membeli produk ini???ha ha ha…karena kita adalah kaum yang selalu mengkonsumsi hal2 yang ga penting jadi penting…tetapi mereka selalu punya cara dan jalan untuk membuat kita terus mengkonsumsi produk mereka.damn!!! We are idiot…

    Just Sharing…Don’t you Think??? Peace…..

  14. leni k900 punya sy juga gitu… persis sama penyakitnya… Terus sy bawa ke SC lenovo di city square Bdg jl. Abd. Rahman Saleh…
    Pelayanannya bagus koq…
    Sekitar tiga minggu kemudian ada sms sdh si leni k900 sdh normal lagi..
    Katanya sih ganti mesin plus no. Imei diganti..
    Tanpa ada biaya karena masih garansi…
    Mudah2 an awet yah… Soalnya terus terang utk punya leni k900 sy harus berhemat dg uang jajan..
    Thanx lenovo

  15. wah alhamdulillah ya kalo service centernya pelayanannya memuaskan… sejak pernah dapet pelayanan ga bagus dari suatu service center jadi kl hp rusak mending lembiru aja hahaha

  16. YA ALLAH HPKU LENOVO K900 tiba tiba mati kluar garis biru hitam doang.. Garansi udah habis lagi.. Gmana ni.
    Ada info dan pencerahan… Aku di jakarta Timur .?? Makasih SLM

  17. Sudah 1 thun hp lenovo k900 menemaniku, to hari ni si k900 sakit, dia gak mau nyala cuma ada garis merh htm, ada info perbaikan gak tuk daerah kalimantan timur,

  18. Sama kaya saya mas..saya posisi di balikpapan.hp rusak cuma ada garis hitam merah..tanya di konter mahal banget minta 1,2 juta…

  19. Salam kenal,

    saya Ade. K900 saya baru banget ngadat 2 hari yg lalu.
    Tiba2 pas mau ngbuka screen password, screen nya putih dulu terus muncul garis biru dan warna warni lainnya baru abis itu bisa normal lagi tapi agak lama..

    Itu masalah dg LCD nya juga ga ya? 🙁

    garansi nya itu garansi dr lenovo atau dr trikomsel ya?

    thanks

  20. kasus ku juga sama….
    ganti mesin 2.900.000…

    masih pikir pikir neh….. mahal segitu (mungkin harus keluarkan jurus andalan ya… kayak koin peduli lenovo gue..hheee)

    ak udah bawa ke ITC C…… service abal2….. tetep ngk bisa…………

    kayaknya besk balik ke lenovo center deh…… terpaksa ganti mesin…. (ganti mesin ngk terpaksa sih….lebih tepatnya uang 2,9 juta nya itu

  21. wow, ternyata banyak juga yang senasib. klo sudah sebanyak ini dengan jenis masalah yang sama yaitu mati total apa sudah bisa dikatakan bahwa ini adalah cacat dari pabrik / MANUFACTURING DEFECTS ?
    bagi teman2 yang masih dalam masa garansi sih gk masalah, tp buat kami yang sudah habis masa garansinya sungguh merasa sangat kecewa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *