Skip to main content

Mengintip Campaign Marketing Popcon Asia 2015 yang ‘Alien Banget’

Terpisah dari liputan lapangan Popcon Asia 2015 yang di-post beberapa saat lalu, mari beralih ke… marketing.

Seperti yang saya gambarkan pada liputan tadi, kondisi lapangan Popcon 2015 ini ruamenya minta ampun. Tentunya ini nggak terlepas dari peran marketing pra-event. Dan karena kita bicara soal marketing sebuah acara dunia kreatif, we can expect unconventional campaign.

Tahun ini Popcon mengusung tema luar angkasa.

Pertama-tama ada Poppo Fanart Challenge, yang sesuai judulnya, menantang semua orang untuk berkreasi membuat fanart Poppo, si maskot Popcon. Karya-karya terbaiknya mendapat kehormatan untuk muncul di backdrop yang terletak di dekat pintu keluar event. Kita sebut saja itu Hall of Fame ala Popcon 😀 popcon-asia-2015-comic-strip-challenge

Masih berhubungan dengan gambar-menggambar, sama seperti tahun lalu, Poppo kembali mengajak segenap artist yang akan hadir di Popcon Asia 2015 untuk membuat komik perjalanan Poppo dalam memperbaiki roketnya yang rusak, sekaligus saling menantang satu sama lain (bisa dilihat pada akhir komik Tuti menantang empat karakter fiksional lainnya).

Membuat avatar alien sendiri? Why not? Lewat fitur Popconizer yang ada di website Popcon Asia 2015, sebua orang bisa membuat kreasi aliennya sendiri. Contohnya, saya bikin avatar alien duck face. Yang menariknya kita bisa memakai elemen-elemen dari berbagai karakter di jagad pop culture. Sebut aja rambut Astro Boy (kayak yang dipakai buat avatar saya), kostum Storm Trooper, kostum manusia Saiya, dan masih banyak lagi.

Berasa kayak alien karena hobi koleksi figure, yang kata orang cuma ‘buang-buang duit’? Untungnya ada Popcon yang ngertiin kita. “It’s okay to be an alien,” adalah hal yang ingin ditekankan oleh Popcon. Mengalami hal-hal yang bikin diri ini berasa kayak alien? Coba deh, bikin quotes sendiri pakai quote generator-nya di website Popcon Asia 2015.

Rangkaian campaign di atas, saya bilang, keren pake banget. Melibatkan baik para exhibitor maupun calon pengunjung Popcon Asia 2015; menumbuhkan sense of belonging bahwa event ini bukan cuma milik para penyelenggara Popcon Asia 2015, tetapi juga semua orang yang hadir sebelum dan saat acara berlangsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *